Keindahan Kepulauan Socotra, Yaman






















Socotra adalah sebuah kepulauan kecil dengan 4 buah pulau dan beberapa pulau-pulau kecil, yang terletak antara pantai Somalia dan Samudra Hindia, masuk ke dalam wilayah Republik Yaman. Pulau terbesar bernama Socotra, sedang tiga pulau yang lainnya adalah Abd Al Kuri, Samha dan Darsa (yang dikenal dengan sebutan The Brothers).
Pohon darah naga ( The Dragon's Blood Tree ) atau Dracaena cinnabari adalah tumbuhan yang terkenal dari pulau ini, berbentuk seperti payung, digunakan sebagai obat dan pewarna oleh penduduk pulau ini sejak zaman nenek moyang mereka.
Pulau ini juga merupakan tempat asal bunga Adenium socrotanum dengan bonggol yang super besar. Karena pulau ini berada di Jazirah Arab, maka daerahnyapun mirip gurun. Adenium ini banyak tumbuh baik diperbukitan maupun di lembah. Kadang juga ada yang tumbuh di bukit karang yang menghadap ke laut. Lingkungan daerah ini cukup ekstrim walau keliatannya tidak seektrim gurun pasir di arab dan afrika.

Kota yang terkenal di pulau socotra adalah Hadiboh dengan jumlah penduduk sekitar 43.000 jiwa pada tahun 2004. Dari keempat pulaunya, hanya Darsa yang belum berpenghuni.
Oleh UNESCO pada tahun 2008, pulau ini dimasukkan ke dalam 8 monumen alam ( 8 keajaiban alam di dunia ).

sumber:http://www.skyscrapercity.com/

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda